Korelasi Prestasi Belajar Dengan Situs Website Yang Sering Dikunjungi


      A.    LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi informasi pada saat sekarang semakin berkembang. Di Indonesia perkembangan ini sangat pesat karena merupakan potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan adanya teknologi informasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan perkembang sebelumnya. Keberadaan teknologi informasi bagi dunia pendidikan berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program pembelajaran baik secara searah maupun secara interaktif. Dengan teknologi informasi ini penting mengingat kondisi geografis Indonesia secara umum berada pada daerah pegunungan yang terpencar ke dalam banyak pulau-pulau, yang memungkinkan diselenggarakannya pendidikan jarak jauh, sehingga memungkinkan terjadinya pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, baik yang sudah dapat dijangkau transportasi darat maupun yang belum dapat dijangkau dengan transportasi darat. Dengan adanya teknologi informasi dalam pendidikan mempunyai arti penting terutama dalam rangka pemerataan pendidikan dan peningkatan kualitas serta efektifitas penyelenggaraan pendidikan di Indonesia.
Mahasiswa yang notabenenya sebagai penerus bangsa tetapi dimana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang masih minim mengakibatkan kesempatan setiap mahasiswa untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan menjadi terbatas. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta untuk memfasilitasinya. Internet sebagai anak kandung dari teknologi informasi menyimpan informasi tentang segala hal yang tidak terbatas, yang dapat digali untuk kepentingan pengembangan pendidikan, dengan internet belajar tidak lagi dibatasi ruang dan waktu.
Universitas Muhammadiyah Purwokerto merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang setiap mahasiswanya wajib belajar agar prestasinya semakin meningkat setiap semesternya terutama di Program Studi Teknik Informatika yang mahasiswanya selalu tidak ketinggalan tentang teknologi informasi terutama Internet. Internet sebagai salah satu media pembelajaran dan pencarian informasi dan pengetahuan dapat lebih maksimal walaupun akses internet di Indonesia belum sepenuhnya dapat dirasakan semua orang. Informasi melalui media internet, bisa menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan mempunyai standar yang sama dengan negara lain. Dalam internet banyak hal yang dapat dipelajari terutama terdapat banyak alamat situs website yang didalamnya dengan mudah diakses setiap saat oleh mahasiswa, tetapi tidak semua situs website bermanfaat bagi mahasiswa, misalkan situs yang tak asing diinternet yaitu mesin pencari Google, ini merupakan situs yang paling banyak dikunjungi berisikan banyak informasi tentang kehidupan didunai, apapun yang dicari selalu akan memunculkan apa yang dicari tersebut, dan situs yang terkenal lainya jejaring sosial Facebook, situs video Youtube, adapun mengenai pendidikan dengan Wikipedia Tetapi dengan adanya banyak situs website tersebut sangat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa, mereka tinggal copy paste dari salah satu situs, tidak semua mahasiswa berpikir dari pikiran sendiri karena mereka bisa mencari jawaban tugas dari situs yang ada diinternet. Maka dari uraian tersebut banyak hal yang mempengaruhi dengan adanya teknologi informasi antara prestasi belajar dengan menghubungkan situs website yang sering dikunjungi mahasiswa teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
 
B.     PERUMUSAN MASALAH
       Berdasarkan uraian di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
        a.       Seberapa pengaruh situs website terhadap prestasi belajar mahasiswa
        b.      Apa saja situs website yang paling sering dikunjungi oleh mahasiswa
        c.       Apakah manfaat situs website secara positif maupun negatif terhadap mahasiswa.

C.    TUJUAN PENELITIAN
       Tujuan penelitian ini adalah:
         a.       Mangetahui pengaruh situs website terhadap prestasi belajar mahasiswa
         b.      Mangetahui situs website yang paling sering dikunjungi oleh mahasiswa
         c.       Mangetahui manfaat situs website secara positif maupun negatif terhadap mahasiswa.

D.    TINJAUAN PUSTAKA
       1.      Prestasi Belajar
              Seseorang mahasiswa pasti selalu berkeinginan mendapatkan nilai yang baik dan bagus  maka harus selalu berusaha keras dengan belajar, tetapi jika cuma bisa malas-malasan nanti cuma bisa menyesal, karena waktu tidak bisa kembali. Pengertian prestasi sendiri itu menurut beberapa pendapat yaitu, Menurut Winkel (1996) prestasi adalah bukti keberhasilan yang dicapai seseorang. Jika seseorang berusaha akan mendapatakan suatu bukti prestasi pencapaian dari usaha yang telah dilakakukan. Sedangkan prestasi belajar menurut Darmadi (2009) menyatakan bahwa prestasi belajar adalah sebuah kecakapan atau keberhasilan yang diperoleh seseorang setelah melakukan sebuah kegiatan dan proses belajar sehingga dalam diri seseorang tersebut mengalami perubahan tingkah laku sesuai dengan kompetensi belajarnya.
Prestasi belajar adalah sesuatu yang merupakan hasil dari proses belajar yang mengakibatkan perubahan tingkah laku sesuai dengan kompetensi belajarnya. Prestasi belajar menurut Slameto (2010) adalah kemampuan seseorang dalam menguasai sejumlah program setelah program itu selesai. Jadi prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan yang dicapai dari usaha yang dilakukan hingga selesai dengan mengalami perubahan sesuai dengan apa yang dipelajari dan apa yang dihasilkan dari usaha belajar tersebut.

2.      Situs Website
Dikalangan masyarakat dunia tidak heran jika di jaman sekarang orang-orang menilai perusahaan yang tidak mempunyai website itu dianggap perusahaan kecil, perusahaan yang kurang maju, dan sebagainya. Terlebih lagi, hampir setiap remaja Indonesia mempunyai website blog atau personal blog karena memang blog sudah dimasukkan di kurikulum pendidikan di Indonesia, terutama di jenjang SMA/SMU/SMK sederajat. Website pada umumnya adalah salah satu media online yang berada di internet. Menurut (Wikipedia) situs Website merupakan sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat internet yang dikenali sebagai URL. Meskipun setidaknya halaman beranda situs internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang terdapat dalam situs web tersebut. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
Didalam situs website terdapat banyak jenis situs misalkan situs mesin pencari, jejaring sosial, situs youtube dan adapun situs tentang pendidikan.
           a.      Mesin Pencari
Mesin pencari (search engine) adalah program komputer  yang dirancang untuk melakukan pencarian berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan WWW (World Wide Web), publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer  dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Banyak bermacam situs mesin pencari atau search engine diantaranya ada Altheweb (www.altheweb.com), Altavista (www.altavista.com), Lycos (www.lycos.com), Bing (www.bing.com), ASK (www.ask.com), MSN (http//:search.msn.com), Google (www.google.com), yahoo  (yahoo.com). Dari beberapa mesin pencari tersebut yang sering digunakan dan dikunjungi oleh pengunjung adalah Google (www.google.com),
Google berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa program Ph.D. Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin pada awal tahun 1996. Setelah melakukan penelitian dan mendapat investor dari  Andy Bechtolsheim seorang teman kampus mereka dan sekaligus pendiri Sun Microsystems yang percaya akan hasil penelitiannya. Secara resmi Google Inc. berdiri pada 7 September 1998. Nama Google berasal dari kata plesetan kata “googol” Googol merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya Dengan kata lain, google mempunyai misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tidak terbatas. Fitur-fitur Google, Google Terjemahan, Google Maps, Penelusuran Buku, Fitur-fitur Pencarian jaringan, Penelusuran Blog, Gambar, Berita, Email, Kalender, Tanyajawab, Dan masih banyak fitur google lainnya.
                  Kelebihan didalam google diantaranya, Kecepatan dan kemudahan dalam mencari, lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya, Tampilan yang sederhana, Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena hasil pencarian yang akan ditampilkan, Dapat mencari segala informasi seperti gambar, berita artikel, hiburan dll. Sedangkan kekurangannya yaitu dengan kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
Sedangkan Yahoo dalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan sunyek.
                    Kemudian mereka berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat memberikan hasil secara online. Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah total karyawan 49 orang. Saat ini, Yahoo! Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta individu setiap bulannya di dunia maya. Sebagai navigasi pertama secara online yang memandu dalam web, www.yahoo.com adalah pemimpin pemandu konteks lalu lintas, periklanan, keperluan rumah tangga, dan jangkauan pengguna bisnis. Yahoo! adalah brand internet global pertama yang menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya. Perusahaan membangun pula bisnis online dengan perusahaan jasa yang mendesain produktivitas dan web untuk klien-kliennya. Jasa mendesain termasuk dalam kerjasama. Yahoo!, sebuah kustomisasi solusi untuk perusahaan ; audio dan video streaming ; toko hosting dan manajemen ; dan jasa serta perlengkapan website. Jaringan perusahaan web global termasuk dalam 25 world properties. Dengan kantor pusat di Sunnyvale, California, Yahoo! pun telah mempunyai kantor di Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.

               b.      Jejaring Sosial
                      Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaansosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah inidiperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnyaadalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik sepertinilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Sejak komputer dapat dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Pengertian situs jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang terbentuk dari simpul-simpul (individu atau organisasi) yang “diikat” atau dipersatukan oleh sebuah situs. Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan pertemanan dalam dunia maya. Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chatsuara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan ayanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan dapatmenjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahanseperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
Jejaring sosial mempermudah interakasi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak.Karena kita dapat berkomunikasi secara livetime. Mudahnya interaksi yang diciptakan bisamenjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan lain-lain. Ada banyak situs layanan jejaring sosial antara lain, MySpace, Friendster, Hi5, Facebook, Twitter, Linked In, FUPEI, Bebo, Orkut, Yahoo! Meme, Koprol, Tumblr, Plurk, Google +, Heello. Dari berbagai macam situs jejaring sosial tersebut yang kini paling banyak dikunjungi dan memiliki banyak penggguna adalah Facebook.
Facebook adalah situs web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School. Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti .edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini. Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis. Hingga Juli 2007, situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007, peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika, mengungguli situs publik lain seperti Flickr, dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
 
               c.       Situs Youtube
                       Pembuatan site Youtube dimulai bulan Februari 2005, versi betanya diluncurkan pada Mei 2005. Secara resmi youtube diluncurkan di pasaran pada Desember 2005. Youtube, adalah situs video yang ada di internet, youtube pertama kali dibuat oleh tiga orang pegawai Paypal yaitu Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Saat itu mereka berada di sebuah pesta, merekam video dan mengambil beberapa foto digital. Mereka ingin berbagi video lewat email, tapi menghadapi kendala perbedaan format file hal itu membuat mereka mendapatkan ide untuk membuat layanan online video sharing.
Tujuan awalnya youtube dibuat hanya untuk mendapatkan traffic dan pengunjung sebanyak mungkin, kemudian membangun loyalitas terhadap pengunjungnya Youtube mengawali mementum yang dahsyat saat menerima pinjaman dana sebesar US 3,5 juta. Kemudian Google membeli Youtube seharga US 1.65 triliyun. Tidak ada yang benar-benar gratis Tapi tetap semuanya yang ada di youtube gratis, cara membuat accountnya mudah sekali seperti ketika membuat account yang lain. Yang harus anda lakukan hanyalah setuju dengan Term of Service. Dengan jutaan mungkin milyaran video yang ada di Tube, Youtube mengelompokkannya dalam 15 kategori yang disebut Box Catagories. Box Catagories adalah salah satu komponen dalam account Youtube. Seperti gambar di bawah ini, ini adalah tampilan pertama saat anda membuka youtube. Box Catagories berada di sebelah kiri tampilan. Box Catagories terdiri dari Music, Entertainment, Sports, Film & Animation, News & Politics, Comedy, People & Blogs, Science & Technology, Gaming, Howto & Style, Education, Pets & Animal, Autos & Vehicles, Travel & Event,Nonprofits & Activism serta 3 tambahan menu dari Youtube yaitu Trending, Popular dan From Youtube. Saat anda pertama kali masuk ke youtube tampilan pertama adalah, video From Youtube yang biasanya video terbaru yang di upload ke youtube dalam 2 hari terakhir. Youtube mempunyai search engine yang mirip dengan Google. Berada di atas tampilan dari Youtube. Anda cukup mengetikkan kata di textbox lalu mengklik search, dan anda akan mendapatkan video yang berkaitan dengan informasi yang anda butuhkan. Jika anda ingin melihat video berdasarkan kategori klik see all yang ada di bawah Box Catagories.

                d.      Situs Pendidikan
Pendidikan adalah suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam betuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Mencari situs bagus dan baik pasti lama dan membutuhkan waktu yang banyak untuk seseorang. Salah satunya adalah pelajar, mahasiswa, dan guru. Mencari sebuah alamt situs di internet di dunia maya yang sangat luas jelas sangat menyita waktu mereka. Banyaknya situs yang tidak memberikan manfaat dan hanya mencari keuntungan menjadi sampah internet yang perlu mendapat perhatian dari mesin pencari.
                   Ada beberapa situs di internet yang memberikan informasi yang baik dan bagus untuk siswa, guru, dan mahasiswa. Alamat-alamat situs tersebut, sudah dicobah dan memang bertujuan untuk pendidikan. Situs-situs ini mempu memberikan informasi dengan baik dan muda dalam mencari informasi. Diantara situs tersebut antara lain, belajar-gratis.com, ilmukomputer.com, mathgoodies.com, chemicalelements.com, britannica.com, serta wikipedia.com. dan masih banyak lagi situs pendidikan didunia, tetapi diantara semua situs tersebut yang paling sering dikunjungi adalah wikipedia, ini merupakan situs ensiklopedia bebas yang berisikan informasi yang mencakup seluruh dunia, ensiklopedia ini dicetuskan oleh Rick Gates pada 1993, namun konsep ensiklopedia ini sumber terbuka berbasis web dicetuskan beberapa tahun kemudian oleh Richard Stallman sekitar tahun 1999. Wikipedia secara formal dilluncurkan pada 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger menggunakan konsep dan teknologi wiki yang dirintis Ward Cunningham. Awalnya, Wikipedia dibentuk untuk melengkapi Nupedia, sebuah proyek ensiklopedia daring yang disunting secara sukarela oleh para ahli dengan memberikan artikel draf tambahan dan ide untuknya. Wikipedia dengan cepat melampaui Nupedia, menjadi proyek global dalam berbagai bahasa dan menginspirasi serangkaian besar proyek referensi tambahan. Kini, Wikipedia memiliki 15 juta lebih artikel yang bebas digunakan dalam lebih dari 200 bahasa di seluruh dunia yang ditulis oleh sejuta akun pengguna terdaftar dan kontributor anonim yang tidak terhitung jumlahnya.
                     Adapun kelebihannya diantaranya, Lebih cepat saat diakses, Info yang terdapat di dalamnya lengkap, Mejadi media yang sering di gunakan oleh pelajar untuk mendapatkan informasi, Tampilan tidak begitu memusingkan pengunjung, mudah untuk mencari informasi lain ketika sudah berada di area wikipedia, Pemantapan/pembelajaran bahasa inggris, Informasi mencangkup keseluruhan, banyak link yang langsung menuju pengertian istilah-istilah, Jika ada kesalahan cepat di perbaiki, Mudah digunakan. Tetapi dari kelebihan tersebut ada beberapa kekurangannya yaitu, Kadang-kadang informasinya tidak sesuai dengan apa yang di maksud, Kurangnya kesimpulan yang mendetail, banyaknya pelajar yang sering mengakses search engine ini, bagi yang kurang paham akan bahasa inggris akan susah untuk memahaminya, Kepengarangan/sumber informasi kurang di kenal, membuat ketagihan dan menggagu Kegiatan nyata.

            3.      Manfaat Situs Website
                   Sejumlah halaman web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses, manfaat secara umum dari situs yang ada diinternet yaitu memberikan berbagai informasi yang ada didunia yang yelah disimpan diberbagai situs populer. Setiap situs pasti mempunyai manfaat positif dan juga memiliki dampak negatif diantara situs tersebut, secara positif
                 Manfaat secara positif situs Web dapat memberikan segala informasi pendidikan yang sangat banyak dan luas, hal ini tentu sangat berguna bagi para siswa maupun mahasiswa dalam menunjang proses belajar mereka, membuat proses belajar menjadi lebih cepat, hal ini dikarenakan web sangat mudah digunakan dan didukung oleh banyaknya search engine (mesin pencari) seperti Google untuk mencari informasi. Tinggal membuka mesin pencari, memasukkan kata kunci yang diinginkan, lalu munculah segala informasi yang dibutuhkan, dengan banyaknya informasi yang tersedia di web dan kemudahan untuk mendapatkannya, seseorang cenderung untuk terus belajar dan mencari segala macam knowledge atau pengetahuan di dunia maya. Hal tersebut adalah salah satu pengaruh web terhadap prestasi belajar siswa dari segi positif.
                      Dampak secara Negatif, banyaknya situs hiburan seperti situs musik atau film, akan membuat pelajar mahasiswa terlena dan lupa waktu. Situs-situs seperti ini boleh dikonsumsi sebagai hiburan untuk membuat otak tidak jenuh, tapi kalau sampai lupa waku belajar tentu prestasi belajar juga akan menurun, Saat ini banyak sekali situs jejaring sosial yang dikenal oleh para pelajar sekolah maupun mahasiswa perguruan tinggi, hal ini bisa menyebabkan lupa waktu dan sibuk mencari hiburan lewat jejaring sosial. Tak hanya itu, jejaring sosial yang seharusnya bisa meningkatkan sosialisasi para pelajar dan mahasiswa, kadang malah menjauhkan dari teman-teman sekitar. Mereka lebih suka berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya daripada teman di sekitar mereka. Hal ini bisa berdampak buruk, karena umumnya yang dibicarakan dengan teman di dunia maya bukanlah hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan. Ini menjadi salah satu pengaruh situs website terhadap prestasi belajar secara negatif karena pelajar maupun mahasiswa menjadi lupa belajar untuk meraih prestasi setinggi-tingginya.

             E.     METODE PENELITIAN
                   1.      TEMPAT DAN WAKTU
                           Penelitian ini akan dilakukan di Laboratorium Hardware dan Laboratorium Cerdas Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto, dan dibeberapa kontrakan yang ditempati oleh mahasiswa Teknik Informatika jika mahasiswa tersebut tinggal dikontrakan,  serta dengan mengambil waktu saat mahasiswa ada jadwal praktikum dan saat mahasiswa berada disetiap kontrakan masing-masing.
                    2.      POPULASI DAN SAMPEL PENELITIAN
                           Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2010 Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Sedangkan sampel penelitian ini diambil sebanyak 50 data mahasiswa dari beberapa mahasiswa angkatan 2010.

                    3.      METODE PENGUMPULAN DATA
                              Dalam penelitian ini metode / teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode deskriptif dan dengan sevei langsung pada tempat penelitian.
                          a.      Metode Deskriptif
Dalam penelitian ini metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau apa adanya. Memusatkan perhatian pada permasalahan yang ada pada saat dilakukan yang bersifat aktual, serta menggambarkan fakta tentang permasalahan yang diselidiki sebagaimana adanya, diiringi dengan interpretasi rasional yang seimbang. Bukan saja memberika gambaran terhadap situs website dan prestasi belajar, tetapi juga menerangkan hubungan antara situs wesite yang sering dikunjungi dengan prestasi belajar, membuat prediksi, serta mendapatkan makna dan implikasi dari suatu masalah.
                              b.      Survei
Untuk mencari data secara fakta dengan mengadakan survei untuk penyelidikan agar memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan-keterangan secara faktual, tetapi data yang dipelajari adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut. Sehingga ditemukan kejadian-kejadian relatif distribusi, dan hubungan antar variabel, sosiologi, maupun psikologis serta prestasi pada setiap mahasiswa.
                  Dalam hal ini  tidak mempersiapkan catatan tentang tingkah laku tertentu apa saja yang harus diamati. Tetapi akan mengamati arus peristiwa dan mencatatnya atau meringkasnya untuk kemudian di analisis. Dan terlibat langsung dan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa yang diamati. Seolah-olah merupakan bagian dari mereka. Selama terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, harus tetap waspada untuk tetap mengamati kemunculan tingkah laku tertentu dalam diri mahasiswa.

              4.      PROSEDUR PENELITIAN
                     Adapun langkah yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain adalah:
                      1.      Melihat subjek
                              Subjek disini merupakan mahasiswa yang sedang praktikum dilaboratorium serta tempat kontrakan mahasiswa.
                       2.      Melihat Objek
                             Objek disini merupakan apa yang dilihat mahasiswa ke layar monitor komputer maupun notebook atau netbook, lebih tepatnya objek yang ada diinternet saat mahasiswa tersebut membukanya.
                        3.      Analisis
                               Menganalisis setiap mahasiswa yang lebih peduli membuka situs website search engine google, jejaring sosial facebook, youtube, atau situs pendidikan wikipedia  atau memperhatikan dosen saat praktikum dan  juga menganalisis saat dikontrakan tempat tinggal mahasiswa, lebih mementingkan tugas kuliah atau lebih mencari hiburan diinternet hingga berlarut-larut.
                        4.      Proses
                            Memperhatikan gejala saat mahasiswa dalam perkuliahan, melalui konsentrasi menerima materi, keterlambatan, pengumpulan tugas.

Jika Ingin Lebih lengkap, Artikel Ini dapat di Download Disini.... 
Jika file tidak dapat diUnduh, silakan tinggalkan Komentar....
Korelasi Prestasi Belajar Dengan Situs Website Yang Sering Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

No comments: