A. LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi informasi pada saat sekarang
semakin berkembang. Di Indonesia perkembangan ini sangat pesat karena merupakan
potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan adanya teknologi
informasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang
kita butuhkan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan
perkembang sebelumnya. Keberadaan teknologi informasi bagi dunia pendidikan
berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan
program pembelajaran baik secara searah maupun secara interaktif. Dengan
teknologi informasi ini penting mengingat kondisi geografis Indonesia secara
umum berada pada daerah pegunungan yang terpencar ke dalam banyak pulau-pulau,
yang memungkinkan diselenggarakannya pendidikan jarak jauh, sehingga
memungkinkan terjadinya pemerataan pendidikan di seluruh wilayah Indonesia,
baik yang sudah dapat dijangkau transportasi darat maupun yang belum dapat
dijangkau dengan transportasi darat. Dengan adanya teknologi informasi dalam
pendidikan mempunyai arti penting terutama dalam rangka pemerataan pendidikan
dan peningkatan kualitas serta efektifitas penyelenggaraan pendidikan di
Indonesia.
Mahasiswa yang notabenenya sebagai penerus bangsa
tetapi dimana ketersediaan infrastruktur komunikasi yang masih minim
mengakibatkan kesempatan setiap mahasiswa untuk mendapatkan informasi dan
pengetahuan menjadi terbatas. Saat sekarang ini jarak dan waktu bukanlah
sebagai masalah yang berarti untuk mendapatkan ilmu, berbagai aplikasi tercipta
untuk memfasilitasinya. Internet sebagai anak kandung dari teknologi informasi
menyimpan informasi tentang segala hal yang tidak terbatas, yang dapat digali
untuk kepentingan pengembangan pendidikan, dengan internet belajar tidak lagi dibatasi
ruang dan waktu.
Universitas
Muhammadiyah Purwokerto merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang
setiap mahasiswanya wajib belajar agar prestasinya semakin meningkat setiap
semesternya terutama di Program Studi Teknik Informatika yang mahasiswanya
selalu tidak ketinggalan tentang teknologi informasi terutama Internet.
Internet sebagai salah satu media pembelajaran dan pencarian informasi dan
pengetahuan dapat lebih maksimal walaupun akses internet di Indonesia belum
sepenuhnya dapat dirasakan semua orang. Informasi melalui media internet, bisa
menjadi salah satu kunci untuk membuat dunia pendidikan mempunyai standar yang
sama dengan negara lain. Dalam internet banyak hal yang dapat dipelajari
terutama terdapat banyak alamat situs website yang didalamnya dengan mudah
diakses setiap saat oleh mahasiswa, tetapi tidak semua situs website bermanfaat
bagi mahasiswa, misalkan situs yang tak asing diinternet yaitu mesin pencari Google, ini merupakan situs yang paling
banyak dikunjungi berisikan banyak informasi tentang kehidupan didunai, apapun
yang dicari selalu akan memunculkan apa yang dicari tersebut, dan situs yang
terkenal lainya jejaring sosial Facebook,
situs video Youtube, adapun mengenai
pendidikan dengan Wikipedia Tetapi
dengan adanya banyak situs website tersebut sangat mempengaruhi prestasi
belajar mahasiswa, mereka tinggal copy paste dari salah satu situs, tidak semua
mahasiswa berpikir dari pikiran sendiri karena mereka bisa mencari jawaban
tugas dari situs yang ada diinternet. Maka dari uraian tersebut banyak hal yang
mempengaruhi dengan adanya teknologi informasi antara prestasi belajar dengan
menghubungkan situs website yang sering dikunjungi mahasiswa teknik Informatika
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
B.
PERUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan
uraian di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
a.
Seberapa pengaruh situs website terhadap prestasi
belajar mahasiswa
b.
Apa saja situs website yang paling sering dikunjungi
oleh mahasiswa
c. Apakah
manfaat situs website secara positif maupun negatif terhadap mahasiswa.
C.
TUJUAN
PENELITIAN
Tujuan
penelitian ini adalah:
a. Mangetahui
pengaruh situs website terhadap prestasi belajar mahasiswa
b. Mangetahui
situs website yang paling sering dikunjungi oleh mahasiswa
c. Mangetahui
manfaat situs website secara positif maupun negatif terhadap mahasiswa.
D.
TINJAUAN
PUSTAKA
1.
Prestasi
Belajar
Seseorang
mahasiswa pasti selalu berkeinginan mendapatkan nilai yang baik dan bagus maka harus selalu berusaha keras dengan
belajar, tetapi jika cuma bisa malas-malasan nanti cuma bisa menyesal, karena
waktu tidak bisa kembali. Pengertian prestasi sendiri itu menurut beberapa
pendapat yaitu, Menurut Winkel (1996) prestasi adalah bukti keberhasilan yang
dicapai seseorang. Jika seseorang berusaha akan mendapatakan suatu bukti
prestasi pencapaian dari usaha yang telah dilakakukan. Sedangkan prestasi
belajar menurut Darmadi (2009) menyatakan bahwa prestasi belajar adalah sebuah
kecakapan atau keberhasilan yang diperoleh seseorang setelah melakukan sebuah
kegiatan dan proses belajar sehingga dalam diri seseorang tersebut mengalami
perubahan tingkah laku sesuai dengan kompetensi belajarnya.
Prestasi
belajar adalah sesuatu yang merupakan hasil dari proses belajar yang
mengakibatkan perubahan tingkah laku sesuai dengan kompetensi belajarnya.
Prestasi belajar menurut Slameto (2010) adalah kemampuan seseorang dalam
menguasai sejumlah program setelah program itu selesai. Jadi prestasi belajar
adalah suatu bukti keberhasilan yang dicapai dari usaha yang dilakukan hingga
selesai dengan mengalami perubahan sesuai dengan apa yang dipelajari dan apa
yang dihasilkan dari usaha belajar tersebut.
2.
Situs
Website
Dikalangan masyarakat
dunia tidak heran jika di jaman sekarang orang-orang menilai perusahaan yang
tidak mempunyai website itu dianggap perusahaan kecil, perusahaan yang kurang
maju, dan sebagainya. Terlebih lagi, hampir setiap remaja Indonesia mempunyai
website blog atau personal blog karena memang blog sudah dimasukkan di
kurikulum pendidikan di Indonesia, terutama di jenjang SMA/SMU/SMK sederajat.
Website pada umumnya adalah salah satu media online yang berada di
internet. Menurut (Wikipedia) situs Website merupakan sejumlah halaman web yang
memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas
gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web biasanya
ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui
jaringan seperti internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat
internet yang dikenali sebagai URL. Meskipun setidaknya halaman beranda situs
internet umumnya dapat diakses publik secara bebas, pada prakteknya tidak semua
situs memberikan kebebasan bagi publik untuk mengaksesnya, beberapa situs web
mewajibkan pengunjung untuk melakukan pendaftaran sebagai anggota, atau bahkan
meminta pembayaran untuk dapat menjadi aggota untuk dapat mengakses isi yang
terdapat dalam situs web tersebut. Pembatasan-pembatasan ini umumnya dilakukan karena
alasan keamanan, menghormati privasi, atau karena tujuan komersil tertentu.
Didalam situs website
terdapat banyak jenis situs misalkan situs mesin pencari, jejaring sosial, situs
youtube dan adapun situs tentang pendidikan.
a.
Mesin
Pencari
Mesin pencari (search
engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan
pencarian berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan WWW (World Wide Web), publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah
ataupun sejumlah komputer dalam suatu jaringan. Hasil pencarian umumnya
ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat
akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.
Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam
jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas
lainnya. Banyak bermacam situs mesin pencari atau search engine diantaranya ada
Altheweb (www.altheweb.com), Altavista
(www.altavista.com), Lycos (www.lycos.com), Bing (www.bing.com), ASK (www.ask.com), MSN (http//:search.msn.com), Google (www.google.com), yahoo
(yahoo.com). Dari beberapa mesin pencari tersebut yang sering
digunakan dan dikunjungi oleh pengunjung adalah Google (www.google.com),
Google berawal dari proyek penelitian
dua mahasiswa program Ph.D. Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin
pada awal tahun 1996. Setelah melakukan penelitian dan mendapat investor
dari Andy Bechtolsheim seorang teman kampus mereka dan sekaligus pendiri Sun Microsystems yang percaya akan hasil
penelitiannya. Secara resmi Google Inc. berdiri pada 7 September 1998. Nama Google
berasal dari kata plesetan kata “googol”
Googol merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar
jumlahnya Dengan kata lain, google mempunyai misi mengelola sesuatu yang sangat
luas dan tidak terbatas. Fitur-fitur Google, Google Terjemahan, Google Maps,
Penelusuran Buku, Fitur-fitur Pencarian jaringan, Penelusuran Blog, Gambar,
Berita, Email, Kalender, Tanyajawab, Dan masih banyak fitur google lainnya.
Kelebihan didalam google diantaranya, Kecepatan dan kemudahan dalam
mencari, lebih canggih dengan fitur yang dimilikinya, Tampilan yang sederhana,
Google merupakan satu-satunya mesin pencari yang memilki cach. Dengan
adanya cache ini, si pencari dapat menghemat waktu pencarian, karena
hasil pencarian yang akan ditampilkan, Dapat mencari segala informasi seperti
gambar, berita artikel, hiburan dll. Sedangkan kekurangannya yaitu dengan
kelebihan yang dimilikinya, ternyata mesin pencari ini jadi bidikan para spamer
untuk menampilkan iklan-iklan yang tidak diperlukan. Mereka memanfaatkan setiap
celah yang ada pada sistem algoritma Google untuk memaksa iklan mereka tampil
pada halaman terdepan. Maka, pencarian pun terasa tergangggu.
Sedangkan Yahoo
dalah sebuah portal web populer yang dioperasikan
perusahaan yang bernama Yahoo! Inc..
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark
(petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat
itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor
mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Mahasiswa teknik David Filo dan Jerry
Yang mempunyai sedikit pekerjaan yang harus
dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk
mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan
sunyek.
Kemudian mereka
berfikir, mengapa tidak memasukannya di web? Mereka kemudian bekerja membuat
sebuah program database untuk menanganinya, yang dapat
memberikan hasil secara online. Yahoo! sangat sukses diluncurkan secara go public pada bulan April 1996 dengan jumlah
total karyawan 49 orang. Saat ini, Yahoo!
Inc. telah menjadi pemimpin komunikasi global lewat internet, komersil, dan
perusahaan media yang telah menjadi brand jasa jaringan lebih dari 232 juta
individu setiap bulannya di dunia maya. Sebagai navigasi pertama secara online
yang memandu dalam web, www.yahoo.com
adalah pemimpin pemandu konteks lalu lintas, periklanan, keperluan rumah
tangga, dan jangkauan pengguna bisnis. Yahoo! adalah brand internet global
pertama yang menjangkau pemirsa paling besar dalam dunia maya. Perusahaan
membangun pula bisnis online dengan perusahaan jasa yang mendesain
produktivitas dan web untuk klien-kliennya. Jasa mendesain termasuk dalam
kerjasama. Yahoo!, sebuah kustomisasi solusi untuk perusahaan ; audio dan video
streaming ; toko hosting
dan manajemen ; dan jasa serta perlengkapan website. Jaringan perusahaan web
global termasuk dalam 25 world properties. Dengan kantor pusat di Sunnyvale,
California, Yahoo! pun telah mempunyai kantor di Eropa, Asia, Amerika Latin,
Australia, Kanada, dan Amerika Serikat.
b. Jejaring Sosial
Jejaring sosial adalah struktur sosial
yang terdiri dari elemen-elemen individual atau organisasi. Jejaring ini
menunjukan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaansosialitas, mulai
dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga. Istilah
inidiperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.Jejaring sosial adalah
suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnyaadalah
individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi
spesifik sepertinilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Sejak komputer dapat
dihubungkan satu dengan lainnya dengan adanya internet banyak upaya awal
untuk mendukung jejaring sosial melalui komunikasi antar komputer.
Pengertian situs
jejaring sosial yakni suatu struktur sosial yang terbentuk dari simpul-simpul
(individu atau organisasi) yang “diikat” atau dipersatukan oleh sebuah situs.
Umumnya situs berfungsi sebagai jalinan pertemanan dalam dunia maya. Banyak
layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara
yang beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat,
messaging, email, video, chatsuara, share file, blog, diskusi grup, dan
lain-lain. Umumnya jejaring sosial memberikan ayanan
untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat meng-upload foto dirinya dan
dapatmenjadi teman dengan pengguna lainnya. Beberapa jejaring sosial memiliki fitur
tambahanseperti pembuatan grup untuk dapat saling sharing didalamnya.
Jejaring sosial
mempermudah interakasi dengan orang lain walaupun terpisah oleh jarak.Karena
kita dapat berkomunikasi secara livetime. Mudahnya interaksi yang diciptakan
bisamenjadi sarana promosi suatu barang, komunitas, band dan lain-lain. Ada
banyak situs layanan jejaring sosial antara lain, MySpace, Friendster, Hi5, Facebook, Twitter,
Linked In, FUPEI, Bebo, Orkut, Yahoo! Meme, Koprol, Tumblr, Plurk, Google +, Heello. Dari berbagai macam situs jejaring sosial tersebut
yang kini paling banyak dikunjungi dan memiliki banyak penggguna adalah
Facebook.
Facebook adalah situs
web jaringan sosial yang diluncurkan pada 4 Februari 2004 dan didirikan oleh
Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School.
Keanggotaannya pada awalnya dibatasi untuk siswa dari Harvard College. Dalam dua
bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston
(Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU,
Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya
ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya.
Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti
.edu, .ac.uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan
beberapa perusahaan besar. Sejak 11 September 2006, orang dengan dengan alamat
surat-e apa pun dapat mendaftar di Facebook. Pengguna dapat memilih untuk
bergabung dengan satu atau lebih jaringan yang tersedia, seperti berdasarkan
sekolah tingkat atas, tempat kerja, atau wilayah geografis. Hingga Juli 2007,
situs ini memiliki jumlah pengguna terdaftar paling besar di antara situs-situs
yang berfokus pada sekolah dengan lebih dari 34 juta anggota aktif yang
dimilikinya dari seluruh dunia. Dari September 2006 hingga September 2007,
peringkatnya naik dari posisi ke-60 ke posisi ke-7 situs paling banyak
dikunjungi, dan merupakan situs nomor satu untuk foto di Amerika Serika,
mengungguli situs publik lain seperti Flickr,
dengan 8,5 juta foto dimuat setiap harinya.
c. Situs Youtube
Pembuatan site Youtube dimulai bulan Februari 2005, versi betanya diluncurkan pada
Mei 2005. Secara resmi youtube diluncurkan di pasaran pada Desember 2005.
Youtube, adalah situs video yang ada di internet, youtube pertama kali dibuat
oleh tiga orang pegawai Paypal yaitu
Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Saat itu mereka berada di sebuah
pesta, merekam video dan mengambil beberapa foto digital. Mereka ingin berbagi
video lewat email, tapi menghadapi kendala perbedaan format file hal itu
membuat mereka mendapatkan ide untuk membuat layanan online video sharing.
Tujuan awalnya youtube dibuat hanya untuk
mendapatkan traffic dan pengunjung sebanyak mungkin, kemudian membangun
loyalitas terhadap pengunjungnya Youtube mengawali mementum yang dahsyat saat
menerima pinjaman dana sebesar US 3,5 juta. Kemudian Google membeli Youtube
seharga US 1.65 triliyun. Tidak ada yang benar-benar gratis Tapi tetap semuanya
yang ada di youtube gratis, cara membuat accountnya mudah sekali seperti ketika
membuat account yang lain. Yang harus anda lakukan hanyalah setuju dengan Term
of Service. Dengan jutaan mungkin
milyaran video yang ada di Tube, Youtube mengelompokkannya dalam 15 kategori
yang disebut Box Catagories. Box
Catagories adalah salah satu komponen dalam account Youtube. Seperti gambar di
bawah ini, ini adalah tampilan pertama saat anda membuka youtube. Box
Catagories berada di sebelah kiri tampilan. Box Catagories terdiri dari Music, Entertainment, Sports, Film &
Animation, News & Politics, Comedy, People & Blogs, Science &
Technology, Gaming, Howto & Style, Education, Pets & Animal, Autos
& Vehicles, Travel & Event,Nonprofits & Activism serta 3
tambahan menu dari Youtube yaitu Trending,
Popular dan From Youtube. Saat anda pertama kali masuk ke youtube tampilan
pertama adalah, video From Youtube yang biasanya video terbaru yang di upload
ke youtube dalam 2 hari terakhir. Youtube mempunyai search engine yang mirip
dengan Google. Berada di atas tampilan dari Youtube. Anda cukup mengetikkan
kata di textbox lalu mengklik search, dan anda akan mendapatkan video yang
berkaitan dengan informasi yang anda butuhkan. Jika anda ingin melihat video
berdasarkan kategori klik see all yang ada di bawah Box Catagories.
d. Situs Pendidikan
Pendidikan adalah suatu
cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses
keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam betuk tujuan pembelajaran yang
spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada
manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non
manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif. Mencari situs bagus dan baik
pasti lama dan membutuhkan waktu yang banyak untuk seseorang. Salah satunya
adalah pelajar, mahasiswa, dan guru. Mencari sebuah alamt situs di internet di
dunia maya yang sangat luas jelas sangat menyita waktu mereka. Banyaknya situs
yang tidak memberikan manfaat dan hanya mencari keuntungan menjadi sampah
internet yang perlu mendapat perhatian dari mesin pencari.
Ada beberapa
situs di internet yang memberikan informasi yang baik dan bagus untuk siswa,
guru, dan mahasiswa. Alamat-alamat situs tersebut, sudah dicobah dan memang
bertujuan untuk pendidikan. Situs-situs ini mempu memberikan informasi dengan
baik dan muda dalam mencari informasi. Diantara situs tersebut antara lain, belajar-gratis.com,
ilmukomputer.com, mathgoodies.com, chemicalelements.com, britannica.com,
serta wikipedia.com. dan masih banyak
lagi situs pendidikan didunia, tetapi diantara semua situs tersebut yang paling
sering dikunjungi adalah wikipedia, ini merupakan situs ensiklopedia bebas yang
berisikan informasi yang mencakup seluruh dunia, ensiklopedia ini dicetuskan
oleh Rick Gates pada 1993, namun konsep ensiklopedia ini sumber
terbuka berbasis web dicetuskan beberapa tahun kemudian oleh Richard Stallman
sekitar tahun 1999. Wikipedia secara formal dilluncurkan pada 15 Januari 2001
oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger menggunakan konsep dan teknologi wiki yang
dirintis Ward Cunningham. Awalnya, Wikipedia dibentuk untuk melengkapi Nupedia, sebuah proyek ensiklopedia
daring yang disunting secara sukarela oleh para ahli dengan memberikan artikel
draf tambahan dan ide untuknya. Wikipedia dengan cepat melampaui Nupedia,
menjadi proyek global dalam berbagai bahasa dan menginspirasi serangkaian besar
proyek referensi tambahan. Kini, Wikipedia memiliki 15 juta lebih artikel yang
bebas digunakan dalam lebih dari 200 bahasa di seluruh dunia yang ditulis oleh
sejuta akun pengguna terdaftar dan kontributor anonim yang tidak terhitung
jumlahnya.
Adapun
kelebihannya diantaranya, Lebih
cepat saat diakses, Info yang terdapat di dalamnya lengkap, Mejadi media yang
sering di gunakan oleh pelajar untuk mendapatkan informasi, Tampilan tidak
begitu memusingkan pengunjung, mudah untuk mencari informasi lain ketika sudah
berada di area wikipedia, Pemantapan/pembelajaran bahasa inggris, Informasi
mencangkup keseluruhan, banyak link yang langsung menuju pengertian
istilah-istilah, Jika ada kesalahan cepat di perbaiki, Mudah digunakan. Tetapi
dari kelebihan tersebut ada beberapa kekurangannya yaitu, Kadang-kadang
informasinya tidak sesuai dengan apa yang di maksud, Kurangnya kesimpulan yang
mendetail, banyaknya pelajar yang sering mengakses search engine ini, bagi yang
kurang paham akan bahasa inggris akan susah untuk memahaminya, Kepengarangan/sumber
informasi kurang di kenal, membuat ketagihan dan menggagu Kegiatan nyata.
3. Manfaat Situs Website
Sejumlah halaman
web yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan
berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya. Sebuah situs web
biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses,
manfaat secara umum dari situs yang ada diinternet yaitu memberikan berbagai
informasi yang ada didunia yang yelah disimpan diberbagai situs populer. Setiap
situs pasti mempunyai manfaat positif dan juga memiliki dampak negatif diantara
situs tersebut, secara positif
Manfaat secara
positif situs Web dapat memberikan segala informasi pendidikan yang sangat
banyak dan luas, hal ini tentu sangat berguna bagi para siswa maupun mahasiswa
dalam menunjang proses belajar mereka, membuat proses belajar menjadi lebih
cepat, hal ini dikarenakan web sangat mudah digunakan dan didukung oleh
banyaknya search engine (mesin
pencari) seperti Google untuk mencari informasi. Tinggal membuka mesin pencari,
memasukkan kata kunci yang diinginkan, lalu munculah segala informasi yang
dibutuhkan, dengan banyaknya informasi yang tersedia di web dan kemudahan untuk
mendapatkannya, seseorang cenderung untuk terus belajar dan mencari segala
macam knowledge atau pengetahuan di
dunia maya. Hal tersebut adalah salah satu pengaruh web terhadap prestasi
belajar siswa dari segi positif.
Dampak secara Negatif, banyaknya situs hiburan
seperti situs musik atau film, akan membuat pelajar mahasiswa terlena dan lupa
waktu. Situs-situs seperti ini boleh dikonsumsi sebagai hiburan untuk membuat
otak tidak jenuh, tapi kalau sampai lupa waku belajar tentu prestasi belajar
juga akan menurun, Saat ini banyak sekali situs jejaring sosial yang dikenal
oleh para pelajar sekolah maupun mahasiswa perguruan tinggi, hal ini bisa
menyebabkan lupa waktu dan sibuk mencari hiburan lewat jejaring sosial. Tak
hanya itu, jejaring sosial yang seharusnya bisa meningkatkan sosialisasi para
pelajar dan mahasiswa, kadang malah menjauhkan dari teman-teman sekitar. Mereka
lebih suka berinteraksi dengan teman-teman di dunia maya daripada teman di
sekitar mereka. Hal ini bisa berdampak buruk, karena umumnya yang dibicarakan
dengan teman di dunia maya bukanlah hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan.
Ini menjadi salah satu pengaruh situs website terhadap prestasi belajar secara
negatif karena pelajar maupun mahasiswa menjadi lupa belajar untuk meraih
prestasi setinggi-tingginya.
E.
METODE
PENELITIAN
1. TEMPAT
DAN WAKTU
Penelitian ini akan dilakukan di
Laboratorium Hardware dan Laboratorium Cerdas Teknik Informatika Universitas
Muhammadiyah Purwokerto, dan dibeberapa kontrakan yang ditempati oleh mahasiswa
Teknik Informatika jika mahasiswa tersebut tinggal dikontrakan, serta dengan mengambil waktu saat mahasiswa ada
jadwal praktikum dan saat mahasiswa berada disetiap kontrakan masing-masing.
2. POPULASI
DAN SAMPEL PENELITIAN
Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Teknik Informatika angkatan 2010 Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Sedangkan sampel penelitian ini diambil sebanyak 50 data mahasiswa dari
beberapa mahasiswa angkatan 2010.
3. METODE PENGUMPULAN DATA
Dalam penelitian ini metode / teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah metode deskriptif dan dengan sevei
langsung pada tempat penelitian.
a. Metode Deskriptif
Dalam penelitian ini
metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang
diselidiki dengan menggambarkan keadaan subjek atau objek dalam penelitian
berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau apa adanya. Memusatkan perhatian pada
permasalahan yang ada pada saat dilakukan yang bersifat aktual, serta
menggambarkan fakta tentang permasalahan yang diselidiki sebagaimana adanya,
diiringi dengan interpretasi rasional yang seimbang. Bukan saja memberika
gambaran terhadap situs website dan prestasi belajar, tetapi juga menerangkan
hubungan antara situs wesite yang sering dikunjungi dengan prestasi belajar,
membuat prediksi, serta mendapatkan makna dan implikasi dari suatu masalah.
b.
Survei
Untuk mencari
data secara fakta dengan mengadakan survei
untuk penyelidikan agar memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada dan
mencari keterangan-keterangan secara faktual, tetapi data yang dipelajari
adalah data dari sampel yang diambil dari populasi tersebut. Sehingga ditemukan
kejadian-kejadian relatif distribusi, dan hubungan antar variabel, sosiologi,
maupun psikologis serta prestasi pada setiap mahasiswa.
Dalam hal ini tidak mempersiapkan catatan tentang tingkah
laku tertentu apa saja yang harus diamati. Tetapi akan mengamati arus peristiwa
dan mencatatnya atau meringkasnya untuk kemudian di analisis. Dan terlibat
langsung dan ikut serta dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan mahasiswa yang
diamati. Seolah-olah merupakan bagian dari mereka. Selama terlibat dalam
kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, harus tetap waspada untuk
tetap mengamati kemunculan tingkah laku tertentu dalam diri mahasiswa.
4.
PROSEDUR PENELITIAN
Adapun langkah yang
dilakukan dalam penelitian ini antara lain adalah:
1. Melihat
subjek
Subjek disini merupakan
mahasiswa yang sedang praktikum dilaboratorium serta tempat kontrakan mahasiswa.
2. Melihat
Objek
Objek disini merupakan
apa yang dilihat mahasiswa ke layar monitor komputer maupun notebook atau
netbook, lebih tepatnya objek yang ada diinternet saat mahasiswa tersebut
membukanya.
3. Analisis
Menganalisis setiap
mahasiswa yang lebih peduli membuka situs website search engine google,
jejaring sosial facebook, youtube, atau situs pendidikan wikipedia atau memperhatikan dosen saat praktikum dan juga menganalisis saat dikontrakan tempat
tinggal mahasiswa, lebih mementingkan tugas kuliah atau lebih mencari hiburan
diinternet hingga berlarut-larut.
4. Proses
Memperhatikan gejala saat mahasiswa
dalam perkuliahan, melalui konsentrasi menerima materi, keterlambatan,
pengumpulan tugas.
Jika Ingin Lebih lengkap, Artikel Ini dapat di Download Disini....
Jika file tidak dapat diUnduh, silakan tinggalkan Komentar....
No comments:
Post a Comment