Profil Hadi Prabowo-Don Murdono


Profil Cagub Jateng 2013 Nomor Urut 1:


           Partai-partai papan tengah di Jawa Tengah yang tak bisa mengusung calon gubernur sendiri akhirnya menggalang koalisi. Enam partai berkoalisi mendaftarkan pasangan calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Tengah Hadi Prabowo-Don Murdono. Enam partai tersebut adalah PKB, PPP, Partai Gerindra, PKS, Hanura, dan PKNU. 

           Pasangan ini mendaftarkan jagonya ke KPUD Jawa Tengah pada Selasa, 5 Maret 2013 pukul 22.30 WIB atau satu setengah jam sebelum masa pendaftaran calon gubernur ditutup oleh KPUD Jawa Tengah.

          Hadi saat ini menjabat sebagai Sekretaris Daerah Jawa Tengah, sedangkan Don Murdono adalah kader PDI Perjuangan yang menjabat sebagai Bupati Sumedang. "Saya didukung oleh koalisi partai-partai ini siap maju dalam pilgub," kata Hadi Prabowo, usai mendaftar.

          Sebelumnya, Hadi dan Don mendaftarkan diri ke PDI Perjuangan. Namun, pada detik-detik terakhir pendaftaran, PDI Perjuangan mengeluarkan rekomendasi untuk pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sujatmoko. Koalisi enam partai tersebut dibentuk secara singkat. Mereka menggelar pertemuan sekitar enam jam sebelum pendaftaran di KPUD ditutup. Pada saat PDI Perjuangan resmi mengumumkan calon yang diusung pada pukul 19.00 WIB, enam partai tersebut akhirnya sepakat membentuk koalisi.

          Hadi mengklaim dirinya sudah menjalin komunikasi dengan enam partai tersebut cukup lama. Hadi mengakui dirinya memang ikut proses seleksi bakal calon Gubernur Jawa Tengah di PDIP. Akan tetapi, PDIP lebih memilih Ganjar. "Saya juga mengucapkan terima kasih kepada PDI Perjuangan yang telah member kesempatan ke saya untuk ikut seleksi," kata dia.

          Don Murdono, yang selama ini dikenal sebagai kader PDI Perjuangan, menyerahkan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan jika harus mendapatkan sanksi karena telah maju sebagai gubernur dengan kendaraan selain PDIP.

          Ketua PKS Jawa Tengah, Fikri Fakih, mengungkapkan ada beberapa alasan kenapa berkoalisi mengusung Hadi-Don. "Karena kami tak bisa mengusung calon sendiri," kata dia. Selain itu, peluang Hadi-Don menang di pilgub 26 Mei mendatang juga besar.

          Setelah masa pendaftaran ditutup, dipastikan pemilihan Gubernur Jawa Tengah diikuti tiga pasangan calon. Selain Hadi-Don, dua pasangan lain adalah Ganjar Pranowo-Heru Sujatmiko yang diusung PDI Perjuangan dan pasangan Bibit Waluyo-Sudijono yang diusung koalisi Partai Demokrat, PAN, dan Partai Golkar.

          Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih yang sebelumnya mendaftarkan diri di PDIP, akhirnya tak bisa maju dalam pilgub. Sebab, tak ada partai yang mengusungnya.
Profil Hadi Prabowo-Don Murdono Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

No comments: